Wednesday, March 20, 2013

Cara UnLock RAM Limit di Windows 7 32 Bit Hingga 64 GB

 


Cara UnLock RAM Limit di Windows 7 32 Bit Hingga 64 GB . Tidak dapat dipungkiri bahwa software yang kian berat bahkan kebutuhan game yang banyak memakan RAM. Maka kita dituntut untuk mengupgrade kapasitas RAM pada PC komputer kita.


Windows itu ada dua versi, yang pertama versi 32 bit dan yang kedua versi 64 bit. Sebenarnya sederhana saja yang membedakan adalah batasan penggunaan RAM pada windows. Untuk windows 32 Bit windows hanya mampu menggunakan RAM maksimal 2 GB sedangkan 64 bit hingga belasan bahkan puluhan GB.

Yang menjadi masalah sekarang adalah kita bisa saja mengganti windows kita ke 64 Bit, tapi kebanyakan software belum banyak kompatible dengan windows 64 bit. Nah membuat kita berpikir dua kali untuk mengganti ke 64 bit.

Setelah saya cari cari dari Internet, menemukan sebuah solusi yang sangat menggembirakan bagi pengguna windows 32 bit seperti saya ini. Kini kita bisa menggunakan windows 32 bit dan dapat menggunakan RAM hingga 64 GB. Wahh kapasitas yang fantastis. Ternyata yang membuat windows membatasi RAM adalah terletak pada Kernel windows tersebut yang membatasi kapasitas RAM.

Seperti pada windows 7 bisa anda temukan pada klik kanan my computer -> properties.


Caranya adalah dengan mem-patch kernel windows 7 sehingga kernel mampu mendeteksi RAM hingga 64 GB. Yaitu dengan software 4GB-RAMPatch.exe.
- Download dan jalankan software 4GB RAm Patch.
Mirror 1 - Dari Sharebeast
Mirror 2 - Dari 4shared
link diupdate pada 12 mei 2012


- Kemudian klik Patch x86 RamLock.
- Restart komputermu

Akan muncul gambar boot double, yang satu bertuliskan DDR Ram Lock dan yang satu Windows 7 biasa. Yang sudah di patch alias yang sudah dapat mendeteksi RAM 64 GB yaitu yang DDR Ram Lock. ->Enter.

Coba cek lagi klik kanan my komputer, maka tulisan usable sudah hilang. Cek juga di Task Manager, cek juga di Resource Memory Computer. (untuk mengetahui perubahan, sebelum melakukan patch silahkan di cek dulu). Langkah sudah selesai, seharusnya sekarang RAM sudah full.

Nah untuk menghilangkan double boot tadi, bisa menggunakan cara berikut :
- Jalankan RUN (win+r)
- ketik msconfig
- Klik tab boot
- pilih yang bootnya ada tulisan DDR-RAM dan set default boot.
- Set waktu bootnya 3


Jika di walpaper / desktop ada tulisan Test Mode Windows 7 di bagian pojok kanan bawah, untuk menghilangkannya coba :
- Jalankan program patch ram tadi
- Klik Watermark Remove
- Restart komputer

4 comments:

Panji Perdiansyah said...

saya dah coba, begitu di restart dan masuk ke Login DDR-RAM kompi saya malah ngeblank warna hitam...

apa ada yang salah?

Hendra khan said...

mantap gan ram ane jadi full

Immigrant Song said...

layar jadi ngeblank om....

rahmat adiluhur said...

kok blank ya malahan... solusinya gimana nih...????????